Bumi Buddies Menjadi Jembatan Edukasi

    Bumi Buddies Menjadi Jembatan Edukasi
    Peserta Zoom Yes Project dari Bumi Buddies

    JAKARTA - Bumi Buddies adalah organisasi Non-Pemerintah yang dibentuk untuk mendidik dan mengedukasi anak-anak dan remaja tentang isu-isu dan perkembangan lingkungan. Bumi Buddies pertama kali didirikan pada September 2018 oleh Mylla Sunaya selaku pendiri Bumi Buddies. Visi dari Bumi Buddies yaitu menjadi wadah bagi anak-anak dan remaja Indonesia dalam meningkatkan kesadaran lingkungan serta menginspirasi mereka untuk membawa perubahan demi Bumi yang berkelanjutan. Adapun misi dari Bumi Buddies adalah mendidik, mendorong, dan bertindak untuk masa depan yang mana memberikan edukasi pada anak-anak dan remaja tentang kesadaran lingkungan melalui pembelajaran yang kreatif dan interaktif. 

    Bumi Buddies mempunyai kegiatan yang bernama Youth Eco School atau yang disingkat dengan nama Yes Project yang bertujuan untuk mengedukasi para anak-anak dan juga remaja yang ada di berbagai sekolah di penjuru Indonesia.“Yes Project” merupakan acara atau kegiatan yang diadakan untuk mengedukasi dengan topik pembahasan mengenai isu-isu lingkungan yang dikemas dan dibawakan dengan cara yang unik agar para anak-anak dan remaja dapat memahami topik bahasan dan menarik perhatian anak-anak dan remaja. Untuk menarik perhatian para anak-anak dalam mengikuti “Yes Project” maka akan diadakan juga sesi bermain dan juga sesi tanya jawab bersama secara online. Kegiatan “Yes Project” ini memiliki beberapa topik pilihan yang akan digunakan sebagai bahan pembahasan saat acara dilangsungkan. Topik pilihan pembahasan tersebut terdiri dari gaya hidup minim sampah, perubahan iklim, gaya hidup berkelanjutan, dan yang terakhir adalah topik air dan sanitasi.

    Salah satu acara “Yes Project” telah dilaksanakan melalui platform ZOOM pada Senin, 13 Juni 2022 pukul 13.00 WITA dengan bekerjasama oleh pihak sekolah YPS Singkole. Pada saat acara “Yes Project” ini berlangsung menunjukan tanggapan atau respon yang baik dari pihak sekolah YPS Singkole. Topik yang dibahas pada acara YES Project bersama dengan sekolah YPS Singkole terkait Gaya Hidup Berkelanjutan. Banyak sekali anak-anak dari sekolah YPS Singkole yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan “Yes Project” dengan baik dan serius mulai dari pembukaan, pembahasan materi hingga sesi penutup. Bahkan pada sesi tanya jawab ada beberapa anak yang memberikan pertanyaan terkait materi yang dijelaskan oleh Mylla Sunaya. 

    Salah satu siswa dari sekolah YPS Singkole yang bernama Avelya memberikan pertanyaannya “Bagaimana cara mengurangi penggunaan plastik sekali pakai?. Dari pertanyaan yang dilontarkan tersebut, maka Mylla Sunaya langsung memberi jawaban atau tanggapan yaitu “cara mengurangi penggunaan plastik sekali pakai adalah kalian harus membiasakan diri untuk menggunakan barang-barang yang eco-friendly, misalnya menggunakan botol tumbler, membawa tote bag agar tidak perlu menggunakan tas plastik, kalian harus mulai berani menolak jika ditawarkan tas yang berbahan plastik ketika kalian pergi belanja”. Dan pada sesi kuis antusias dari anak-anak dari sekolah dari YPS Singkole juga sangat baik dikarenakan banyak sekali sekitar lebih dari 10 orang yang mengikuti kuis. Kuis ini diadakan dalam bentuk menjawab pertanyaan yang diberikan melalui link kuis.. Dengan diadakannya “Yes Project” ini diharapkan dapat  meningkatkan atau menambah pengetahuan dan mendorong kesadaran dari para anak-anak dan juga remaja perihal segala sesuatu yang berhubungan dengan lingkungan di Bumi ini.

    Mylla Sunaya selaku Founder dari Bumi Buddies mengatakan bahwa pada saat ini kurangnya pemberian pendidikan dari sekolah-sekolah tentang  pendidikan yang berkaitan tentang lingkungan. “Ironi yang terjadi sekarang adalah kurangnya pendidikan formal di sekolah yang membahas khusus tentang isu lingkungan, padahal kita dan pemuda di seluruh Indonesia memiliki peran penting dalam menjaga dan melestarikan lingkungan nusantara. Hal ini yang menjadi akar dibentuknya “YES Project” oleh Bumi Buddies. “YES Project” dapat menjadi wadah utama generasi muda Indonesia untuk lebih sadar dengan situasi lingkungan sekarang dan membuat aksi kolektif setiap harinya”, kata Mylla. Maka dengan ini, Bumi Buddies akan terus mengadakan dan menjalankan “Yes Project” kedepannya agar para anak-anak dan remaja terus memiliki wawasan dan pengetahuan untuk melestarikan lingkungan dan bumi ini.

    youth eco school yes project bumi buddies
    Pambudi Widodo

    Pambudi Widodo

    Artikel Sebelumnya

    Kehadiran Ibu Negara Iriana di Medan Perang...

    Artikel Berikutnya

    Lili Pintauli Siregar Sebaiknya Tak Mundur...

    Komentar

    Berita terkait